Friday, January 17, 2014

Benarkah Bahasa inggris Masjid itu Mosque ?


Apakah bahasa Inggrisnya Masjid? Kamu pasti akan menjawab "Mosque". Apakah kamu tahu mengapa masjid disebut Mosque dalam bahasa inggris?

Mungkin banyak yang belum mengetahuinya. Kayaknya ada hubungannya dengan nyamuk ya? kan Mosque hampir sama dengan mosquito alias nyamuk dalam bahasa inggris. Ya, dugaan kita betul, dan ternyata kata itu mengandung penghinaan terhadap ummat islam.

Mosquito alias nyamuk sebenarnya berasal dari bahasa spanyol. mengapa Masjid diberi nama comotan dari nyamuk? begini sejarahnya :

Saat peranga salib terjadi, Raja Ferdinand berkata bahwa mereka akan berangkat dan membasmi orang muslim "like mosquitoes" ("seperti nyamuk-nyamuk"). maka dimana lagi mereka dapat menemukan mesjid dalam jumlah yang cukup besar dan berkumpul untuk dibasmi jika bukan di dalam Masjid? Maka sejak itulah masjid dikenal dengan sebutan "Moesque" alias tempat berkerumunnya nyamuk yang siap dibasmi.

informasi ini terdapat di dalam buku The Complete Idiot's Guide to Understanding Islam. Seorang muslim  bernama haritha menyebarkan info ini di internet. Ia meminta kaum muslimin untuk tidak menyebut Masjid dengan sebutan Mosque lagi karena asal usul penamaan itu. "Dan marilah kita ganti kata itu dengan kata yang memiliki makna yang seharusnya : Masjid! Tempat untuk bersujud.

Jadi, mulai sekarang jangan menyebut masjid dengan kata Mosque lagi ya gan, Masjid ya Masjid, gak ada perubahan. satu nama itu berlaku untuk bahasa apapun.




No comments:

Post a Comment