Friday, August 2, 2013

PRINSIP DASAR PROTEKSI PADA CAT


1.   Barrier Effect

Menciptakan rintangan atau hambatan yang kuat untuk memisahkan permukaan dari air dan oksigen. Caranya dengan melapisi cat yang kedap air dengan ketebalan 250-500 micron. Biasanya cat seperti ini terdiri dari bahan antara lain :
Bitumen
Coal tar epoxy
Vinyl tar
Epoxy

Untuk area-area terendam yang paling sering digunakan sebagai lapisan pelindungnya adalah Barrier Effect.

2.   Inhibitor Effect

Memberi peluang kepada air untuk menembus rongga-rongga pada lapisan dan melarutkan sebagian campuran antikarat pada permukaan cat dan akan bereaksi terhadap korosi. Caranya menambahkan antikarat pada cat primer sebagai bagian dari bahan pewarna. Dari dasar prinsip ini terdapat :
Zinc chromatic
Zinc phosphate
Zinc metaborate
Red lead
Calcium plumbate

Bahan-bahan inhibitor harus dapat dilarutkan dengan air, agar tidak luntur. Maka cat lapis selanjutnya dibuat tanpa inhibitor untuk mencegah atau menutupi permukaan dasar yang mengandung inhibitor.  Karena bahan pewarna dapat dilarutkan dengan air, maka primer jenis ini tidak dapat bertahan lama apabila dipakai pada area yang  terendam dan area yang terbuka dimana akan menimbulkanblistering (Gelembung gelembung) dan akan mudah pecah. Kerusakan yang ditimbulkannya tidak terlindungi dan korosi akan timbul dibawah lapisan cat(Under film corrossion).

3.   Galvanic Effect

Kontak langsung antara besi dengan logam yang potensialnya lebih lemah. Hasilnya merupakan perlindungan katoda pada logam itu sendiri.Pelindung besi dalam galvanic effect dapat dicapai apabila cat itu mengandung metallic zinc (Seng). Cat yang diformulasi untuk mendapatkan perlindungan yang efisien pada jenis ini adalah partikel-partikel zinc yang bersentuhan dengan besi itu sendiri. Ciri-ciri pada jenis bahan ini :
Rich epoxy
Ethyl silicate
Alkali silicate

Apabila menggunakan cat ini permukaan besi harus benar-benar bersih, terutama bila menggunakan zinc silicate, termasuk permukaan yang kasar (berpori-pori). Hasil yang didapatkan sangat baik dan tahan lama.

No comments:

Post a Comment